Skip to main content

Kisah Perang Uhud Part #8, Kabar Kematian Rasulullah ﷺ Tersebar

Kabar Nabi Muhammad ﷺ Terbunuh Di Perang Uhud

Fakta Islam - Pasukan Muslim yang mendengar kabar kematian Rasulullah ﷺ terkejut. Semangat juang mereka sontak runtuh, bahkan ada di antara mereka yang meninggalkan medan perang. Kondisi ini kian membuat pasukan Muslim terdesak.

Seperti diketahui, sejak awal pengepungan oleh pasukan musyrik, kaum Muslim sudah tercerai-berai. Mereka tidak lagi berada pada satu sikap. Ada yang lari ke selatan hingga sampai ke Madinah Munawwarah.

Baca Part #9 Kisah Perang Uhud, Hindun Memakan Jantung Hamzah

Ada pula yang pergi ke Bukit Uhud dan berlindung di tempat pasukan. Dan ada pula yang menuju Rasulullah ﷺ untuk membelanya. Sebagian besar prajurit Muslim masih berada di kawasan yang terkepung.

Mereka bagai anak kehilangan induk, tak ada yang memimpin. Sampai-sampai al-Yaman, ayah Hudzaifah, terbunuh di tangan kaum Muslim sendiri. (HR. Bukhari)

Kabar kematian Rasulullah ﷺ semakin membuat posisi kaum Muslim di ujung tanduk. Saat kondisi kian genting, tiba-tiba Ka’ab bin Malik berteriak keras, "Wahai kaum Muslim! Bergembiralah, ini Rasulullah!"

Ka'ab amat yakin sosok yang ia lihat adalah Rasulullah ﷺ, karena di wajahnya ada bekas kepingan rantai topi besi. Dan teriakan Ka'ab membuat kaum Muslim terkesiap. Mereka terkejut bercampur gembira. Seketika itu juga sebanyak 30 orang menuju tempat Rasulullah ﷺ berada.

Mereka langsung melindungi Nabi ﷺ. Semangat tempur mereka kembali seperti semula. Rasulullah ﷺ bergerak cepat dengan memimpin 30 sahabat tersebut menembus barisan kaum musyrik. Usaha mereka berhasil, barikade pasukan musyrik sukses ditembus.

Rasulullah ﷺ lalu menarik mundur pasukannya ke pinggiran bukit. Kaum musyrik berusaha menghalang-menghalangi penarikan mundur ini. Namun mereka gagal total, bahkan dua dari mereka terbunuh saat itu.


Editor: Faktaislam.com 

Ref: DR.Ahmad Hatta, MA. dkk. 

Kol: MagfiraPustaka

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar