Skip to main content

14 Perbuatan Yang Paling Dibenci Rasulullah ﷺ Namun Masih Sering Dalukukan

Perbuatan Yang Paling Dibenci Rasulullah ﷺ

Kataba Islam - Seperti yang kita ketahui bahwa perilaku dari kebanyakan orang pada saat ini sangatlah memprihatinkan baik itu muslim ataupun non muslim. Bahkan beberapa dari kita umat Nabi Muhammad ﷺ yang seharusnya tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak baik untuk diri sendiri dan linkungan sosial. 

Adapun 11 hal yang sangat di benci oleh Rasulullah ﷺ dan hendaknya sebagai seseorang yang beragama islam tidak melakukannya, akan tetapi masih banyak diantara kita yang mengerjakannya baik secara sengaja ataupu tidak di sengaja. Sifat-sifat tersebut sebagai berikut:

1. Namimah (Adu Domba)

Mungkin kita semua sudah mengetahui apa itu adu domba, eeets bukan domba seperti photo di atas ya.

Namimah yaitu sebuah perilaku yang membuat dua belah pihak atau lebih saling bermusuhan satu sama lain dengan informasi yang benar maupun salah. Intinya membuat sebuah peselisihan dengan berita nyata ataupun tidak nyata.

Dalam sebuah riwayat Ibnu Abbas ra bercerita bahwa Rasulullah saw pernah melewati dua kuburan, lalu beliau bersabda, "Sesungguhnya dua mayit ini sedang disiksa, tetapi bukan karena dosa besar. Yang satu disiksa karena ia dahulu suka mengadu domba, sedang yang lainnya disiksa karena tidak membersihkan dirinya dari air seninya." 

Kemudian beliau meminta pelepah daun kurma dan dibelahnya menjadi dua. Setelah itu beliau menancapkan salah satunya pada kuburan dan satunya lagi pada kuburan yang lainnya, seraya bersabda, "Semoga pelepah itu dapat meringankan siksanya, selama belum kering." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Munafik 

Sifat munafik merupakan perilaku seseorang yang tidak sesuai dengan ucapannya, yes lain dihati lain di mulut. Umumnya orang munafik akan menunjukkan perbuatan yang baik saat dilihat oleh orang lain, namun saat sendiri mereka cenderum melakukan maksiat. Berikut tanda-tanda orang munafik dalam hadits yang berbunyi:

"Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga: 

1) Jika berbicara selalu berdusta

2) Jika berjanji akan mengingkari

3) Dan jika diberi amanah maka akan mengkhianati." (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Berbuat Curang 

Suatu ketika, Rasulullah saw berjalan melewati penjual yang menumpuk barang kering untuk dijual. Beliau memasukkan tangannya ke dalam tumpukan itu dan ternyata ada bagian yang basah di dalamnya. 

Beliau bertanya, "Apa ini, wahai pemilik makanan?" Dia menjawab, "Itu kena hujan, wahai Rasulullah." Lalu beliau berkata lagi, "Mengapa engkau tidak meletakkannya di atas agar dapat terlihat orang? Siapa yang curang, maka dia bukan dari golonganku." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

4. Berbuat Zalim

Perbuatan zalim yaitu tindakan keji seseorang yang sangat merugikan orang lain atau makhluk lain seperti halnya koruptor yang mengambil hak banyak orang, menindas dengan kekuasaan ataukekuatan yang dimiliki, dan ghibah. 

Namun dengan keadilan Allah ﷺ, seseorang yang melakukan kezaliman akan ditimpa malapetaka kelak sebagaimana dalam sebuah hadits sahih yang berbunyi "Sesungguhnya kezaliman itu akan mendatangkan kegelapan pada Hari Kiamat kelak." (HR. Bukhari dan Muslim)

Masih banyak hadits lain yang menunjukkan betapa buruknya perbuatan zalim dan balasan yang akan kelak mereka dapat baik di dunia maupun di akhirat.

5. Menyekutukan Allah ﷺ, Durhaka Kepada Orang Tua, dan Persaksian Palsu

Dalam sebuah hadits sahih Rasulullah ﷺ bersabda "Tidakkah kalian ingin kuberi tahu tentang dosa-dosa besar yang paling besar?" (Beliau mengulangi pertanyaan ini sampai tiga kali). 

Para sahabat menjawab, "Tentu, wahai Rasulullah." Beliau bersabda, "Menyekutukan Allah, durhaka terhadap kedua orang tua." (Nabi saw yang semula bersandar, segera mengubah posisinya menjadi duduk). Beliau lalu melanjutkan, "Dan persaksian palsu." (HR. Bukhari dan Muslim)

6. 7 Perilaku Lainnya 

Rasulullah saw bersabda, "Jauhi tujuh hal yang membahayakan." Sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apa tujuh hal itu?" Rasulullah saw berkata, "Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar, makan harta anak yatim, riba, lari dari medan pertempuran, menuduh berzina terhadap wanita-wanita beriman yang sudah menikah, dan merasa aman dari tuduhan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah semoga setelah mengetahui 14 perbuatan yang dibenci oleh Rasulullah ﷺ kita termotivasi untuk tidak melakukannya. Ok sekarang menurut kalian mana yang paling mudah ditinggalkan dan paling sulit untuk tidak dilakukan. Tulis dikolom komentar sesuai pengalaman masing-masing. Terimakasiiiih.

Baca Juga: Ciri-Ciri Fisik Nabi Muhammad ﷺ Berdasarkan Hadist 


Penulis&Artikel: faktaislam.com
Ref: DR.Ahmad Hatta, MA. dkk.
Kol: MagfiraPustaka

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar